get app
inews
Aa Read Next : Ini Isi Pesan Terakhir Korban Dukun Penggadaan Uang di Banjarnegara

Kuli Panggul di Banjarnegara ini Kumpulkan Receh Selama 20 Tahun Untuk Naik Haji

Jum'at, 10 Juni 2022 | 13:35 WIB
header img
Darmin bahagia bisa berangkat haji tahun ini setelah dengan sabar menabung uang recehan selama 20 tahun. (Foto: Dok.iNews.id)

BANJARNEGARA, iNews.id - Impian yang selama ini di cita-citakan oleh Darmin (59), warga Desa Pagentan Banjarnegara, kini berbuah manis. Setelah 20 tahun, akhirnya Darmin menjadi tamu Allah untuk menunaikan rukun Islam ke lima.

Butuh perjuangan keras bagi Darmin untuk mewujudkan impiannya berangkat ke Tanah Suci. Darmin yang bekerja sebagai kuli panggul ini dengan sabar menabung uang receh selama puluhan tahun.

Sudah sejak kecil, tepatnya pada usia 13 tahun Darmin  menjadi kuli panggul pasar. Dia bekerja dengan keliling dari pasar ke pasar untuk menawarkan jasa menggendong dan memikul barang belanjaan serta dagangan dari para penjual sayur.  

Mulai tahun 1980, Darmin mendapat upah Rp50 perak untuk sekali pikul hingga saat ini.

“Rata-rata Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk sekali pikulnya. Dengan keliling dari pasar ke pasar harian rata-rata saya mendapatkan uang Rp50.000,” ujar Darmin, Jumat (10/6/2022).

Siapa sangka dari hasil bayaran jasa kuli panggul yang dikumpulkan lebih dari 20 tahun, Darmin berhasil mewujudkan mimpinya untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut