get app
inews
Aa
Read Next : Pemulung dan Tukang Becak Disawer Bansos dari Polres Tegal Kota

Lansia Tukang Rongsok, Nabung 10 Tahun Buat Beli Sapi Kurban

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:45 WIB
header img
Mbah Jumi'ah saat menyerahkan kurban sapi secara simbolis kepada panitia kurban.(foto FB)

KENDAL, iNews.id - Mbah Jumi'ah (80) warga Kampung Gagakan Kelurahan Sijeruk Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal, akhirnya bisa mewujudkan niat yang selama ini di impikan yakni bisa berkurban sapi. Keinginan dari Mbah Jumi'ah ini terwujud setelah dirinya menabung selama 10 tahun.

Ya, nenek lanjut usia (Lansia) ini menabung setiap harinya sekitar Rp5.000 dari hasilnya memulung barang-barang bekas.

Setiap harinya, Mbah Jumi'ah ini berangkat memulung untuk mencari botol dan kardus bekas. Sorenya, setelah barang terkumpul cukup banyak lalu dijual. Hasil penjualan barang rongsok dia sisakan atau ditabung, sementara yang lainnya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kisah Mbah Jumi'ah ini terungkap setelah Khoirur Roziqin, seorang panitia kurban di Masjid Darul Muttaqin Kelurahan Kebondalem Kecamatan Kendal Kota mengunggahnya dalam media sosial. 

Roziqin mengatakan, Mbah Jumi'ah yang memiliki niat berkurban di Hari Raya Idul Adha mendatangi dirinya selaku panitia kurban. Secara simbolis sapi kurban milik Mbah Jumi'ah yang saat ini masih berada di pedagang hewan kurban diserahkan ke panitia. 

Dia yang kenal dan tahu pesris siapa Mbah Jumi'ah sontak kaget, terharu, penasaran dan hampir tidak percaya dengan kurban sapi dari seorang nenek yang rumahnya berjarak kurang dari 500 meter dari Masjid Darul Muttaqin.

"Kami selaku panitia kurban Masjid Besar Darul Muttaqin kebondalem, menerima sapi kurban seharga Rp22 juta dari Mbah Jum'iah (80), warga kelurahan Sijeruk Kecamatan Kendal Kota," tulis Rozikin.

Dia mengaku sempat terharu, penasaran dan hampir tidak percaya dengan kurban sapi dari Mbah Jum'iah. Hal itu disebabkan karena pekerjaan sehari-hari Mbah Jum'iah adalah tukang rongsok (pengumpul kardus, botol bekas).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut