get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Tegal Kota Serahkan Hewan Kurban ke Takmir Masjid Darul Faizin Aspol R Suprapto

Ini Upaya Kementan agar Hewan Kurban Bebas PMK

Sabtu, 11 Juni 2022 | 18:35 WIB
header img
Kementan menjamin ketersediaan pasokan hewan kurban untuk kebutuhan Iduladha di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian (Kementan), Nasrullah mengatakan, pihaknya menyiapkan langkah-langkah untuk menjamin hewan kurban bebas virus PMK.

Kementan juga bakal menjamin ketersediaan pasokan hewan kurban untuk kebutuhan Iduladha di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Kementan memastikan hewan untuk kurban akan tercukupi dan bebas dari penyakit tersebut.

"Telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian untuk kesiapan menghadapi Iduladha Tahun 2022 sekaligus dalam upaya pengendalian penyakit PMK antara lain, hewan berasal dari wilayah hijau (bebas PMK) dan bukan berasal dari daerah kab./kota yang masuk dalam zona merah (terkonfirmasi PMK hasil Laboratorium)," ujar Nasrullah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/6/2022).

Dia menambahkan, Kementan juga melakukan rekayasa jalur laut dan pintu masuk hewan kurban ke Pulau Jawa dan rekayasa jalur darat di pulau Jawa. Kemudian, pendataan dan sosialiasi PMK kepada pedagang hewan kurban, dan menyediakan Posko pemeriksaan kesehatan hewan di sentra-sentra penjualan hewan kurban akan dilakukan oleh seluruh dinas kabupaten/kota.

Lebih lanjut, Nasrullah menjelaskan, petunjuk teknis pelaksanaan pemotongan kurban saat wabah PMK telah disiapkan untuk dipedomani di seluruh daerah. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut