KPU Kota Tegal Gelar Rakor Persiapan Coklit

Nino Moebi
Komisioner dan Sekretaris KPU Kota Tegal dalam Rakor persiapan Coklit. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Dalam Pilkada Serentak Tahun 2024 di Premiere Hotel Jalan Yos Sudarso Kota Tegal, Jumat (21/6/2024).

Acara diikuti Camat, Lurah se-Kota Tegal, PPS, PPK, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), Bakesbangpol, Bawaslu Kota Tegal dan unsur terkait.

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno SH mengatakan, rapat yang digelar merupakan upaya untuk memverifikasi data pemilih yang nanti pada 24 Juni hingga 24 Juli 2024 dilakukan oleh Pantarlih menjelang Pilkada Serentak 2024.

"KPU mengundang Camat dan Lurah, ini bentuk kulo nuwun kami karena nanti akan ada petugas yang datang ke masyarakat, melakukan verifikasi ataupun coklit," kata Karyudi.

Dijelaskan Karyudi, sejak sebulan lalu telah dilakukan tahapan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). Selanjutnya dilakukan verifikasi faktual terhadap data tersebut, hingga nanti muncul Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dari DPS juga masih menerima masukan, ataupun aduan masyarakat manakala ada perubahan data. Jika sudah final maka menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada.

Jumlah TPS yang berbeda dibandingkan pada Pilpres dan Pileg beberapa waktu lalu juga menjadi bahasan. "Jumlah TPS pada Pilkada berbeda dengan Pilpres dan Pileg kemarin. Jika kemarin mencapai 752, maka TPS pada Pilkada tidak sebanyak itu," ujar Karyudi.

Divisi Perencanaan dan data informasi KPU Kota Tegal, Imam Gojali menambahkan, selama masa coklit, Pantarlih akan turun ke masyarakat. Untuk itu, KPU meminta masyarakat juga turut mendukung sukses dan lancarnya pelaksanaan coklit. "Pihak Ketua RT maupun RW diharapkan juga bisa turut mensosialisasikan atau memberitahukan kepada masyarakatnya terkait kegiatan coklit ini," pungkas Imam.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network