35 BMT, Koperasi dan 75 UMKM Ramaikan Expo 2024 di Kota Tegal

Nino Moebi
Kesenian tradisional yang dimainkan anak-anak mewarnai pembukaan Expo UMKM Baitul Baitul Maal wa Tamwil. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Sebanyak 35 BMT, koperasi dan 75 UMKM ikut meramaikan Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) di Halaman Gedung Birao, selama tiga hari dimulai Jum'at-Minggu (19-21/7/2024).

Expo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Koperasi Tahun 2024 dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dr Agus Dwi Sulistyantono MM didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kota Tegal, M Rudy Herstsyawan ST M.Si.

Acara yang diselenggarakan oleh Perhimpunan BMT Indonesia MPW Jawa Tengah dan LAZ MKU bekerjasama dengan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPINDA) Kota Tegal memamerkan produk-produk UMKM binaan BMT/Koperasi.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada penyelenggara yang memilih Kota Tegal sebagai tempat penyelenggaraan Expo UMKM BMT.

Menurut Sekda momentum ini untuk memperkenalkan BMT kepada masyarakat sebagai salah satu alternatif kebutuhan pembiayaan khususnya untuk UMKM. Tegal Raya saat ini baru ada lima BMT, acara seperti ini dibutuhkan untuk lebih memperkenalkan dan masyarakat bisa melihat bahwa perkembangan usaha-usaha di bawah pembinaan dan anggota BMT tidak kalah dengan yang lain.

"Pemerintah Kota Tegal selalu berupaya memberikan dukungan melalui berbagai program dan kebijakan yang pro-UMKM, BMT dan Koperasi," ujar Sekda Agus.

Sekda berharap agar expo ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk serta layanan yang ditawarkan.

Ketua Panitia Aris Aditya Resi menyampaikan bahwa expo yang diselenggarakan tersebut diikuti oleh 35 BMT dan koperasi syariah yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah. "Dari 35 BMT dan koperasi tersebut, 75 UMKM sudah mendaftar disini dan alhamdulillah siap untuk meramaikan tiga hari kedepan tanggal 19-21 Juli 2024," jelas Aris.

Selain expo juga diselenggarakan lomba menggambar anak-anak tingkat pra sekolah sampai dengan tingkat sekolah dasar, seminar tentang koperasi untuk kalangan Gen Z. "Pada puncak acara, ada Seminar Nasional Perkoperasian di Ruang Adipura Komplek Balai Kota Tegal," tutup Aris.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network