get app
inews
Aa Read Next : Domba Sakub Asal Brebes Enak dan Empuk, Wajib Coba Untuk Pecinta Kuliner

Bingung Daging Kambing Olahan Masih Bau Prengus dan Alot, Coba Tips ini

Sabtu, 09 Juli 2022 | 15:47 WIB
header img
Sate kambing makanan favorit anggota keluarga saat Hari Raya Idul Adha (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Mulai Hari ini, Sabtiu (9/7/2022) umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia merayakan Idul Adha, hari raya yang identik dengan hidangan daging ini bisanya disuguhkan dalam bentuk sate, rendang atau makanan lainnya dengan bahan dasar daging kambing atau sapi bahkan ada yang kerbau. 

Namun, banyak yang kesulitan memasak daging kambing karena bau prengus yang sering tercium. Jangan khawatir, karena ada cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak bau prengus, seperti yang dirangkum berikut ini dari berbagai sumber.

1. Hindari Mencuci Daging

Jika pada daging lain harus dicuci dahulu sebelum mengolahnya, ini tidak terjadi pada daging kambing. Justru daging kambing tak perlu dicuci, karena tekstur daging akan jadi lebih alot dan aroma tak sedapnya akan semakin merebak. Sebaiknya langsung saja rebus daging dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan daging, lalu olah daging seperti biasa.

1. Buang Lemak / Gajih

Saat akan melakukan proses memasak, pastikan lemak atau gajih diiris dan dibuang terlebih dahulu, sebab sebagian besar bau yang menyengat dari daging kambing berasal dari lemak tersebut.

3. Taburi Garam / Jeruk Nipis

Agar menetralisir aroma amis yang ditimbulkan dari daging sebaiknya beri sedikit garam di seluruh daging. Selain itu, lumuri daging dengan menggunakan jeruk nipis juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dan membuat daging jadi lebih empuk, serta membunuh bakteri dan kuman.

4. Bungkus dengan Daun Pepaya

Usai proses menetralisir daging, pastikan bungkus daging kambing dengan daun pepaya karena enzim yang keluar dari daun pepaya akan membuat daging kambing lebih empuk.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut