Jokowi Pilih 11 Pahlawan Nasional Untuk Gambar Utama Uang Kertas dan Koin, ini Daftarnya

Shifa Nurhaliza/SEO
.
Senin, 18 Juli 2022 | 09:25 WIB
Pahlawan nasional dalam uang rupiah terabadikan dalam gambar utama yang terpampang pada setiap lembar uang Rupiah kertas. (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo memilih 11 Pahlawan Nasional untuk dijadikan gambar utama pada uang kertas dan koin. Pemilihan 11 pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penetapan Citra Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Di Depan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional dalam arahan presiden akan digunakan dalam penerbitan rupiah tahun 2022. Tidak ada perbedaan antara daftar pahlawan yang diabadikan dalam foto dan nama di kertas rupiah edisi 2016 dan pahlawan keputusan. Misalnya, Perpres Rp20.000 sama dengan foto dan nama pahlawan uang yang beredar sebelumnya.

Pahlawan Nasional Dalam Uang Rupiah

Berikut deretan pahlawan yang wajahnya terpampang pada pecahan uang rupiah, seperti dirangkum MNC Portal:

1. Tjut Meutia dalam Uang Kertas Rp1.000

Pahlawan nasional tampaknya ada di tagihan kita sehari-hari, yang pertama adalah Tjut Meutia. Sosok perempuan asal Pirak di Aceh Utara ini ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan  Keputusan Presiden Nomor 107 Tahun 1964. Sebelumnya, Tjut Meutia pertama kali muncul pada uang kertas rupiah terbitan tahun 1992 dalam pecahan Rp 1.000 dan Rp 5.000.

2. Mohammad Hoesni Thamrin dalam Uang Kertas Rp2.000

Edisi 2016 menampilkan pengenalan Hoesni Thamrin dengan nilai nominal Rp2.000. Pahlawan Betawi berdarah Belanda dari kakeknya ini sebelumnya terlibat dalam pergerakan nasional. Untuk mengenang prestasi Hoesni Thamrin, pemerintah memberinya gelar pahlawan nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 175 Tahun 1960, dan penampilannya didominasi uang abu-abu.

3. Idham Chalid dalam Uang Kertas Rp5.000

Pahlawan nasional Kalimantan Selatan ini terukir di depan uang kertas Rp5.000. Ia dikenal sebagai kiai manshur Nahdlatul Ulama (NU) yang juga berkecimpung di dunia politik. Idham menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus  Nahdlatul Ulama selama 34 tahun. Tokoh ini juga sempat menjabat Wakil Perdana Menteri Indonesia di kabinet Djuanda.

4. Frans Kaisiepo dalam Uang Kertas Rp10.000

Uang pecahan Rp 10.000 yang sering menghiasi dompet kita bergambar wajah seorang tokoh nasional kelahiran Biak, Papua, bernama Frans Kaisiepo. Selama perjuangannya di Papua, ia berperan sebagai salah satu tokoh yang mencetuskan kata "Irian", yang artinya Bergabung dengan Republik Indonesia melawan Belanda.

5. Sam Ratulangi dalam Uang kertas Rp20.000

Nama lengkapnya Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi. Ia adalah seorang pahlawan yang pernah berprofesi sebagai politikus, penulis, dan guru. Sam Ratulangi juga pernah menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada masa pendudukan Jepang. 

Sam berperan penting dalam perang melawan kolonialisme Belanda di Manado. Ia dikenal dengan filosofinya "Si Tou Timou Tumou Tou". Artinya, “seseorang hanya dapat disebut seseorang jika ia dapat memanusiakannya”. Sekarang pahlawan nasional muncul di faktur Rp20.000.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini