get app
inews
Aa Read Next : WMM Siap Digelar, Ini Syarat-Syaratnya

7 Freelance ini Cocok untuk Mahasiswa, Pekerjaan yang Relatif Fleksibel

Senin, 25 Juli 2022 | 22:24 WIB
header img
Tujuh Pekerjaan freelance banyak diminati. (foto: pixabay)

3. Penulis Lepas

Pekerjaan penulis lepas juga bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatkan tambahan uang jajan. Beberapa website dan media seringkali membuka lowongan untuk penulis lepas. Anda bisa mencoba pekerjaan ini jika memiliki keahlian di bidang menulis artikel. 

Umumnya, pekerjaan penulis lepas tidak terikat waktu dan cukup fleksibel. Anda tidak akan diharuskan datang ke kantor untuk bekerja dan bisa menulis dari rumah atau kampus. Sistem pembayarannya pun tergantung pada jumlah artikel yang Anda tulis per harinya. 

4. Guru Privat

Guru privat atau bimbingan belajar menjadi salah satu freelance yang banyak dilakukan oleh mahasiswa. Selain waktunya yang relatif fleksibel karena bisa dilakukan setelah kuliah, mengajar sebagai guru privat juga bisa menjadi salah satu sarana untuk belajar menerapkan ilmu yang sudah dipelajari. Biasanya, guru privat atau bimbel ini dibayar berdasarkan jam mengajarnya. 

5. Translator

Jika Anda menguasai bahasa asing, Anda juga bisa mencoba pekerjaan sebagai seorang translator. Pekerjaan ini umumnya bisa dilakukan secara fleksibel dan berdasarkan proyek. Banyak orang mencari seorang translator atau penerjemah yang bisa menerjemahkan dokumen-dokumen ke dalam bahasa asing baik itu bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. 

6. Konten Kreator

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, media sosial pun banyak diminati saat ini. Tak lagi sebatas media untuk menyalurkan hobi, beberapa platform bahkan bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mencoba menjadi seorang konten kreator baik di Blog, YouTube, Instagram, maupun TikTok. Jika channel atau akun yang Anda bangun sudah mendapatkan banyak pengikut, potensi penghasilan Anda dari media sosial tersebut pun semakin besar. 

7. Admin Media Sosial

Pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa lainnya adalah menjadi admin media sosial. Pekerjaan admin media sosial bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoperasikan semua hal yang berkaitan dengan platform media sosial baik untuk kepentingan promosi perusahaan, brand, instansi maupun seorang influence. 

Itulah beberapa freelance yang cocok untuk mahasiswa yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, perlu diingat bahwa meski Anda memiliki pekerjaan sampingan, Anda tetap harus memenuhi kewajiban perkuliahan Anda dengan baik, ya. Selamat mencoba!

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut