get app
inews
Aa Read Next : Kasus Positif Covid 19 melonjak, Pemkab Brebes Gelar Vaksinasi Dosis 4

Waduh! di Brebes Ada 25 Titik Rawan Penyebaran HIV/ AIDS. Mana Saja?

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 17:30 WIB
header img
Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyebut, ada 25 titik rawan penyebaran HIV/ AIDS yang menjadi sasaran pemetaan populasi kunci di Kabupaten Brebes. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BREBES, iNews.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyebut, ada 25 titik rawan penyebaran HIV/ AIDS yang menjadi sasaran pemetaan populasi kunci di Kabupaten Brebes. Bahkan, semua titik tersebut akan disisir karena tersebar di 17 kecamatan.

Fokusnya, melakukan Voluntary Counseling and Testing kepada orang yang rentan terpapar HIV/ AIDS. Rencananya, realisasi pemetaan populasi kunci tersebut akan melibatkan semua stakeholder terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso menyampaikan, pertimbangan dilakukannya pemetaan pada 25 titik rawan penyebaran HIV/ AIDS ditentukan berdasarkan sejumlah faktor. Yakni, adanya komunitas atau lokasi yang berkaitan dengan penyebaran karena menjadi tempat prostitusi atau titik kumpul. Rinciannya yakni Kecamatan Tonjong di Ciregol sebagai titik Wanita Pekerja Seks Langsung (WPSL). Kemudian, Klikiran Kecamatan Jatibarang WPSL, Kerseman Bulusari WPSTL, Lawang Ijo Kluwut WPSL, Pangkalan Truk Kecipir WPSL, dan Alun-alun WPSTL.

"Titik populasi kunci sebaran HIV/ AIDS lainnya, cenderung lebih tertutup karena masih berkedok warung remang-remang," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (05/08/2022).

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut