15 Tempat angker di Semarang, Berani Datanginya?

Dede Kurniawan/Net Tegal
.
Rabu, 14 September 2022 | 09:49 WIB
Lima belas tempat paling angker di Semarang, berani datanginya?. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id -  Lima belas tempat paling angker di Semarang, berani datanginya?. Ada beberapa Tempat Paling Angker di Semarang. Kebanyakan dari tempat paling angker ini memiliki kisah mistis yang dipercayai oleh masyarakat setempat.   

Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota ini menjadi kota metropolitan terbesar kelima yang ada di Indonesia. Kota Semarang juga dikenal dengan Kota Jamu, memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik seperti pegunungan, bangunan bersejarah, kuliner dan masih banyak lagi. 

Kota Semarang memiliki sejuta pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, wisata kuliner khas Kota yang dijuluki sebagai Kota Jamu ini. Semarang juga menjadi daya tarik tersendiri, ada beberapa tempat angker di Kota Semarang yang justru menarik dan sering dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata bangunan bersejarah di Semarang memiliki kisah unik dan mistis yang sering diceritakan oleh masyarakat setempat. Berikut tempat paling angker di Semarang yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/9/2022): 

Tempat paling angker di Semarang

1. Lawang Sewu 

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Semarang. Selain menawarkan berbagai spot menarik. Tempat wisata yang satu ini juga terdapat cukup banyak cerita yang beredar mengenai angkernya wisata Lawang Sewu. 

Konon katanya, banyak pengunjung yang mengaku pernah melihat berbagai penampakan seperti genderuwo, kuntilanak, tentara Belanda hingga sosok perempuan Belanda.

2. Benteng Pendem 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Benteng Pendem. Tempat yang satu ini dapat kalian kunjungi di daerah Bugisari, Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di belakang RSUD Ambarawa. Terdapat cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai tempat ini.  Tidak jarang Benteng Pendem dipilih sebagai tujuan bagi wisatawan yang penasaran dengan tempat wisata angker di Semarang. Meskipun dikenal angker dan memiliki banyak cerita mistis, benteng yang satu ini juga menawarkan wisata bangunan bersejarah yang sangat menarik dan tidak jarang dipilih sebagai tempat berfoto instagramable.

3. Rawa Pening 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Rawa Pening. Rawa Pening dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki cerita unik yakni legenda Baru Klinting yang menenggelamkan suatu desa. Terdapat banyak sekali cerita mistis yang beredar mengenai Rawa Pening. Salah satu cerita yang populer yaitu beberapa warga sekitar kerap melihat adanya Naga Baru Klinting yang dipercaya sebagai penunggu kawasan Rawa Pening. 

4. Gereja Katholik St Yusuf Gedangan

Gereja Katholik St Yusuf adalah gereja megah yang berlokasi di Gedangan Kota Semarang. Dalam riwayat berdirinya, gereja ini pernah satu kali runtuh dan menyebabkan beberapa orang tewas tertimbun material bangunan. 

Seramnya, warga sekitar seringkali dihantui oleh sosok pastur bule yang mengelilingi bangunan gereja pada malam hari. Tak hanya itu, lonceng gereja juga kerap mengagetkan warga karena berbunyi tiba-tiba 

5. Gunung Ungaran 

Gunung Ungaran merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam sekaligus dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Semarang. Gunung yang satu ini terkenal dengan cerita mistis penampakan macan kumbang hitam berwarna hijau. Tak hanya itu, beberapa pendaki juga mengalami kejadian mistis. Salah satunya adanya pohon yang tertutupi oleh bayangan hitam besar.

Hal itu tentu membuat beberapa pendaki merasa takut. Gunung Ungaran tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat sekitar saja tetapi banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah lainnya. Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menarik serta suasana yang sejuk.

6. Rumah Spanyol

Rumah Spanyol pernah menjadi tempat syuting film Suzanna yang berjudul Bernafas dalam Kubur. Lokasinya di Jalan Teuku Umar Kota Semarang atau berada ditanjakan Jatingaleh. Jika kalian melewati jalan tersebut, akan nampak bangunan Rumah Spanyol yang menyeramkan.

Apalagi Rumah Spanyol ini dikelilingi oleh  pepohonan. Rumah ini dulunya ditempati seseorang bernama Gwi, yang konon katanya orang terkaya di Semarang. Namun orang yang pernah menempati rumah tersebut, tidak ada hantu. Rumah Spanyol hanya terkesan angker saja karena merupakan bangunan kuno.

7. Tugu Soeharto 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Tugu Soeharto. Tempat yang satu ini berada di Jalan Menoreh Raya, Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Terdapat cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai tempat yang satu ini. Pada satu Suro, kerap diadakan ritual kungkum. Konon katanya di tempat ini ada banyak hewan gaib seperti monyet dan juga buaya putih. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini