Logo Network
Network

15 Tempat angker di Semarang, Berani Datanginya?

Dede Kurniawan/Net Tegal
.
Rabu, 14 September 2022 | 09:49 WIB
15 Tempat angker di Semarang, Berani Datanginya?
Lima belas tempat paling angker di Semarang, berani datanginya?. (Foto: Istimewa)

8. Gedung Marabunta 

Tempat paling angker di Semarang berikutnya yaitu Marabunta. Tempat ini berada di Jalan Cendrawasih nomor 23, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini merupakan gedung peninggalan Belanda yang dulunya digunakan untuk pertunjukan balet. Saat itu ada salah satu penari balet bernama Margaretha yang dihukum mati. Terdapat banyak cerita mistis yang beredar mengenai gedung yang satu ini. Salah satu cerita yang populer yaitu banyak yang mengatakan kerap muncul penampakan pagelaran balet gaib. 

9. Tanjakan Gombel

Salah satu tempat yang paling terkenal angker di Semarang adalah jalanan Bukit Gombel di Ngesrep Kecamatan Banyumanik. Jalan ini dibangun pada masa kolonialisme Hindia Belanda yang dipimpin oleh Baron van Heeckeren. Pembangunan jalan ini sempat mendapatkan perlawanan sengit dari masyarat etnis Tionghoa. Pasalnya Bukit Gombel merupakan kawasan makam para leluhur Tionghoa yang pertama datang ke Semarang.

Tak terhitung lagi jumlah korban yang meregang maut di kawasan Bukit Gombel. Sosok-sosok gaib di Bukit Gombel konon selalu menggoda para pengendara agar menemui celaka. Godaan bisa bermacam-macam seperti menampkkan diri di pinggir jalan atau seakan menyebrang untuk membuat kaget pengendara yang melintas.

10. Hutan Tinjomoyo 

Hutan Tinjomoyo dikenal menawarkan suasana yang masih sangat alami dan merupakan salah satu tempat paling angker di Semarang. Masyarakat setempat meyakini bahwa di kawasan hutan ini terdapat gerbang menuju tempat peristirahatan gaib. Konon katanya, gerbang tersebut dijaga oleh gumpalan api. Kawasan ini juga sempat ramai karena sempat terjadi kasus pembunuhan yang tidak terselesaikan hingga saat ini. 

11. Hotel Sky Garden di Bukit Gombel 

Bukit Gombel selama ini memang dikenal sebagai tempat paling angker di Semarang. Keangkeran Gombel tak terlepas dari banyaknya kisah misteri yang berasal dari tempat itu. Bahkan, menurut mitos yang beredar, Gombel merupakan asal dari makhluk halus Wewe Gombel.  Menurut Pamudji salah satu lokasi paling angker di Gombel terletak di kawasan Hotel Sky Garden. Hotel yang mangkrak sejak tahun 1982 atau 37 tahun silam itu dipercaya menjadi sarang tempat makhluk halus, mulai dari Wewe Gombel, Kuntilanak, hingga pocong.

12. Hotel Siranda 

Salah satu tempat paling angker di Semarang yang cukup populer adalah Hotel Siranda. Hotel yang satu ini kini telah tutup karena memiliki kesan yang seram. Terdapat banyak cerita mistis yang beredar mengenai hotel ini, salah satunya yaitu adanya arwah yang bergentayangan di kawasan hotel.  Hotel Siranda dulunya sempat menjadi tempat pembunuhan seorang wanita. Hal itulah yang menyebabkan kesan seram sehingga hotel ini semakin sepi pengunjung. Hotel Siranda dapat kalian kunjungi di kawasan Jalan Diponegoro Nomor 1, Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

13. Sigar Bencah

Tembalang boleh jadi tempat paling hingar bingar di Semarang. Tapi, Tembalang juga menyimpan kisah misterinya tersendiri. Konon, ada beberapa tempat yang katanya penuh dengan arwah gentayangan di sekitaran Tembalang, salah satunya Sigar Bencah.

Ada salah satu pengendara mengaku melihat sosok perempuan di Sigar Bencah. Wakut itu ia sedang memacu motornya melewati jalan itu di tengah malam. Sementara desas desus lainnya, banyak yang mencium bau melati atau mendengar suara tangisan.

14. Candi Gedong Songo 

Salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Semarang adalah Candi Gedong Songo. Tak hanya menawarkan banyaknya cerita bersejarah, candi ini juga dikenal sebagai salah satu tempat paling angker di Semarang.  Ada cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai Candi Gedong Songo. Konon katanya di kawasan Candi ini terdapat pasar gaib. Beberapa pengunjung yang pernah mengalami kesurupan dikarenakan tanpa sengaja masuk ke pasar gaib tersebut.  tanpa ada satupun yang menggerakkannya.

15. Taman Wonderia

Taman bermain terbesar di Semarang ini telah dibuka pada tahun 2007. Namun pada bulan November 2007 pula terdapat kasus kecelakaan yang membuat taman bermain ini ditutup sementara dan baru dibuka kembali pada bulan April 2008. 

Melalui kanal YouTube Kisah Tanah Jawa, diceritakan bahwa Wonderia merupakan taman bermain yang dahulunya merupakan tempat pemakaman dan makam tersebut masih utuh sampai sekarang. Ditutupnya taman bermain Wonderia ini juga diakibatkan oleh desas-desus mistis yang menyebabkan berkurangnya pengunjung. Akhirnya, taman bermain yang sempat digadang-gadang sebagai Dufan-nya Semarang ini resmi ditutup oleh Pemerintah Kota Semarang pada tahun 2017. 

Nah, itulah  15 tempat paling angker di Semarang penuh dengan suasana mistik yang sangat kuat sekali, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan pembaca setia iNews.Tegal.id.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini