get app
inews
Aa Read Next : Petugas Datangi Rumah-rumah Orang Gangguan Jiwa untuk Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19 di Brebes Dimeriahkan dengan Festival Dolanan Anak Tradisional

Kamis, 30 Desember 2021 | 15:12 WIB
header img
Vaksinasi Covid-19 di Brebes Dimeriahkan dengan Festival Dolanan Anak Tradisional (Foto : Luthfan Azka)

BREBES, iNews.id  - Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Desa Pepedan Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes menggelar Festival Dolanan Tradisional selama 3 hari, 29-31 Desember 2021 di halaman salah satu Sekolah Dasar di desa setempat. 

Sekretaris Desa Pepedan, Adi Hardiyan mengatakan, beragam jenis permainan tradisional diperlombakan seperti gobak sodor, bakiak, barlen, egrang, boi-boian, tarik tambang, congklak, lompat tali, panggalan, kelereng, jangka, dan bola bekel. Untuk pesertanya sendiri adalah anak-anak dari 9 RT di desanya. 

"Kita melibatkan seluruh elemen masyarakat Desa Pepedan untuk bersama dalam kegiatan yang bertujuan untuk mengisi liburan sekolah dan mengurangi kecenderungan anak bermain handphone atau gadget," katanya, Kamis (30/12/2021).

Demi mencegah kerumunan, panitia membagi kegiatan menjadi 3 hari. Hari pertama dilombakan gobak sodor dan bakiak, ditambah jenis permainan tradisional lain yang ditampilkan. Kemudian hari kedua dilombakan egrang dan barlen serta menampilkan permainan tradisional lainnya. Sedangkan di hari ketiga dilombakan boi-boian dan tarik tambang, serta permainan tradisional lainnya.


Vaksinasi Covid-19 di Brebes Dimeriahkan dengan Festival Dolanan Anak Tradisional (Foto : Luthfan Azka)

Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk pengenalan dolanan anak tradisional kepada generasi milenial, termasuk melatih segenap organisasi pemuda Desa Pepedan untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19.

"Kita memberikan kepada Forum Anak Desa Pepedan dan organisasi desa lainnya karena telah menginisiasi kegiatan ini," tandasnya.

Noval Haidar selaku ketua panitia menyampaikan, selain mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak, pihaknya berharap dengan kesibukan anak selama 3 hari itu maka mereka tidak bepergian ke luar atau ke tempat-tempat wisata selama Nataru, dikarenakan ancaman pandemi masih ada.

Untuk menambah semarak kegiatan, permainan dibagi menjadi 2 kategori, yakni permainan perlombaan dan permainan yang ditampilkan. Bagi tim yang menang akan mendapatkan poin, selanjutnya tim dengan jumlah poin terbanyak akan menjadi juara umum dan berhak menerima trofi, sertifikat, dan uang pembinaan.


Vaksinasi Covid-19 di Brebes Dimeriahkan dengan Festival Dolanan Anak Tradisional (Foto : Luthfan Azka)

"Penyerahan hadiah konteskan akan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2021 nanti, saat perayaan malam tahun baru," ujarnya.

Sementara itu disampaikan Babinsa Pepedan dari Koramil 09 Tonjong, Kopda Supriadi, selaku babinsa setempat dirinya merasa bangga atas terlaksananya permainan tempo dulu itu. Pasalnya, dewasa ini banyak dolanan/permainan tradisional hilang dimakan zaman, padahal nilai-nilai kebersamaan dan kesehatan ada di setiap permainan tradisional itu sendiri.

Kegiatan yang dijadikan sebagai ajang nostalgia itu juga sebagai ajang pelestarian kearifan lokal warisan leluhur untuk nantinya diwariskan kembali kepada generasi selanjutnya. Bersamaan dengan kegiatan festival dolanan ini, juga dilaksanakan Posyandu Lansia dan vaksinasi Covid-19 dosis kedua oleh Bidan Desa Pepedan, Rini Widiastuti.

"Di Posyandu Lansia melayani pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, dan tensi darah. Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19, ada 4 orang yang berhasil divaksinasi," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut