get app
inews
Aa Read Next : Luar Biasa! Siswa SD asal Tegal Raih 3 Medali Olimpiade Matematika Internasional 2023

Ke Tegal Belum Lengkap, Kalau Belum Coba Nasi Lengko Warung Legendaris Pi’an

Sabtu, 11 Juni 2022 | 17:07 WIB
header img
Warung Pi'an yang berdiri sejak 1926 dan dikenal dengan raja nasi lengko masih tetap bertahan hingga saat ini. (Foto: Trisno)

Hingga saat ini warung Pi’an diteruskan oleh generasi ketiga kakak beradik Budi Santoso dan Budi Raharjo dengan mempertahankan nasi lengko yang menjadi menu andalan.

Warung Pi’an tiap hari buka mulai pukul 06.00 hingga 16.00 saat ini menempati ruko Dwika Jalan Kolonel Sudiarto Kota Tegal, 100 Meter dari tempat sebelumnya.

Selain nasi lengko yang merupakan menu andalan, berkomposisi, nasi putih, di atasnya diberi racikan tahu goreng, racikan ketimun, kecambah lalu disiram dengan bumbu kacang dan kecap, di atasnya ditabur bawang goreng dan kerupuk mie.

Selain nasi lengko warung Pi’an juga menyediakan makanan khas Pi’an seperti, sate kambing muda, gulai kambing, sop ayam, ayam bakar dan nasi campur.

“Untuk minuman warung Pi’an menyajikan teh dengan racikan khusus dari teh gopek. Teh tersebut khusus hanya ada di warung Pi’an karena memang langsung dari pabrik.

Kita juga menyediakan pisang goreng sebagai makanan cemilan khas Pi’an,” ungkap Budi Santoso.

"Hampir tiap minggu sekali saya mampir ke Warung Pi'an untuk menikmati nasi lengko. Setiap ada tamu dari luar kota, pasti saya ajak ke warung Pi'an dan tiap dari warung kesan mereka selalu acungin jempol," kata Notaris Danang Buntoro asal Yogyakarta disela menikmati nasi lengko, Sabtu (11/6/2022).

Warung Pi’an sebelumnya menempati di Kol Sudiarto tanah Eigendom dari sejak 1926 hingga 2020. Sekira April 2020 warung pindah ke lokasi ruko Dwika di Jalan Sudiarto sekira 200 meter dari tempat sebelumnya karena tanah tergusur oleh PT KAI dan Pemkot Tegal.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut