Punya Benjolan di Payudara? Belum Tentu Kanker, Kenali Segera Gejalanya

Dewi Kania/NET
Mempunyai benjolan di payudara, jangan dulu memvonis itu kanker, tapi kenali dulu gejalanya, karana benjolan yang ada di payudara sangat beragam. (Foto: Istimewa)

Kalau memang penasaran saat Anda mendapati benjolan tumor jinak terebut, lebih baik periksa ke dokter untuk di USG. Hasilnya bakal ketahuan dan dokter memberikan tindakan cepat.

"Tindakannya tidak harus langsung bedah, biasanya diresepkan antibiotik untuk menghilangkan benjolannya, apalagi kalau diameternya kecil," tutur dr Sonar.

Karena ancaman kanker payudara untuk wanita di Indonesia semakin meningkat, diingatkan kembali untuk melakukan periksa payudara sendiri (Sadari). Kebiasaan ini dinilai efektif dan membantu para wanita untuk mencegah kanker payudara stadium lanjut.

Bahkan, menurut Organisasi Penanggulangan Kanker Dunia dan Badan Kesehatan Dunia, diperkirakan terjadi peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada tahun 2030. Mayoritas terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Secara nasional prevelansi Kanker di Indonesia sebesar 1,4 per 1.000 penduduk. Kanker tertinggi yang terjadi pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara dan kanker serviks. Sedangkan pada laki-laki adalah kanker paru dan kanker kolorektal.

Editor : Miftahudin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network