get app
inews
Aa Read Next : Bupati Brebes Minta Pelaku UMKM Ikut Menjadi Anggota Koperasi

Ngopi Bersama Sandiaga Uno, Optimis UMKM Bisa Bangkit Kembali

Senin, 04 Juli 2022 | 06:59 WIB
header img
Sandiaga Uno ngobrol sambil minum kopi terkait UMKM bersama sejumlah wartawan di Tegal. (Foto: Nino)

KOTA TEGAL, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno optimis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bisa bangkit kembali.

"Kalau kita lihat lapangan kerja yang tercipta sangat berkualitas. Saya di Kota Tegal ini ada tiga kegiatan sangat menaruh harapan yang besar. Saya optimis UMKM bisa bangkit kembali tapi kita harus betul-betul kompak," kata Sandiaga Uno saat santai Ngopi (ngobrol sambil minum kopi) di kedai Bosa Jalan Semeru Kota Tegal, Minggu (03/07/2022).

Usai bertemu dengan sejumlah komunitas UMKM, Sandiaga bersama sejumlah wartawan menyampaikan, para komunitas angkringan dan UMKM butuh dibantu untuk promosi melalui digitalisasi yang akan ditindaklanjuti dengan pelatihan-pelatihan.

Menurutnya, teman-teman yang baru mulai usaha perlu dibantu pengemasannya, pemasarannya, pelatihan, keuangannya, juga dibantu jejaring (net work) digitalisasi mulai dari usaha komunitas disabilitas, kerajinan daur ulang dan pengolah sampah. Dari situ ternyata banyak sekali menciptakan lapangan kerja. 

"Kita adakan dalam tiga fase, tentunya yang bisa disentuh melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Kedua, yang mengalami kesulitan akan kita bantu rekstrukturisasi. Dan ketiga adalah yang betul-betul perlu bantuan. Kita masukan dalam skema bantuan intensif pemerintah," ungkap Sandiaga.

Bantuan tahun lalu sudah diberikan dan tahun ini akan ditingkatkan dan beberapa stimulus program pemulihan ekonomi nasional. Yang menjadi lokomotif keluar dari krisis adalah UMKM.

BACA JUGA

Divonis Bersalah Lantaran Suka Siksa dan Perkosa Kuda, Pria ini Dihukum 10 Tahun Penjara

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut