get app
inews
Aa Read Next : 256 Peserta Ikuti Lomba Layangan Aduan Terbuka

OPD Diminta Responsif dan Visioner terhadap Dinamika Pembangunan Kota Tegal

Sabtu, 19 Februari 2022 | 16:05 WIB
header img
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah (Pemkot) Tegal (Foto: Ist)

Ia juga meminta OPD mencatat hal-hal yang disampaikannya. Wali kota memberi contoh misalnya ketika ada pembangunan Poltek Bahari Nusantara maka untuk dibuat gerbang agar bus besar dapat masuk.

"Kalau punya sekolah itu mata rantainya panjang. Nantinya orang tua siswa nengok anak yang sekolah, mereka nginap di hotel. Paling rendah kost-kostan, guest house, wisma melati dan lainnya. Kemudian makan di restoran dan rumah makan, ada efek ekonomi yang bisa meningkatkan pendapatan orang Tegal,” jelas Wali Kota.

Terkait pendapatan Kota Tegal, Wali Kota meminta OPD menggali potensi-potensi yang ada di Kota Tegal. Salah satunya syarat pendapatan Kota Tegal naik, yakni penambahan populasi atau kepadatan penduduk. Saat ini Kota Tegal pertumbuhan penduduk rendah di angka 1.800-2.000 penduduk. 

"Sekarang jumlahnya 287.959 penduduk. Populasi penduduk per tahun hanya 1.800- 2.000 itu kan kecil sekali. Idealnya 5.000 dan penduduknya 500 ribu jiwa,” ungkap Wali Kota. 

Dedy Yon juga mengingatkan jika Kota Tegal banyak wilayah yang menjadi zona kuning untuk tempat usaha, kawasan bisnis, tempat pemukiman penduduk dan real estate. 

Menurutnya, untuk memenuhi ruang terbuka hijau sebesar minimal 14%, harus ada tambahan taman / hutan kota yang dimiliki Kota Tegal.

"Lahan tambak milik Kota Tegal buat taman dan hutan kota saja agar bertambah menjadi ruang terbuka hijau,” terangnya.  

Dalam menjelaskan perkembangan Kota Tegal, Wali Kota juga menyebut mengenai pembangunan Terminal Bus, Pelabuhan Internasional, Fly Over Tirus, Tegal Selatan menjadi Kota Baru dan Margadana menjadi Kota Wisata Baru, Pembangunan Menara Seven Tower Madam Kardinah, CMJT, Perluasan Jl. Kol. Sudiarto, Song of the Sea, kereta gantung dengan 5 terminal, jembatan Randusanga Wetan, pembangunan Kantor Dinas Perhubungan, Kantor Dinas Perhubungan lama menjadi Kantor Satpol PP Pariwisata dan Polisi Pariwisata, Rest Area Pasar Beras, dan pemekaran wilayah, pembangunan jembatan penyeberangan di Jl. A. Yani.           Termasuk videotron, pembangunan Kantor Perumda Tirta Bahari, Tempat Parkir Alun-alun/Soul Parking di barat Waterleideng dan pusat grosir Tegal.

"OPD selain responsif juga berpikiran milenial. Misal pembangunan tempat wisata dapat mengerti kebutuhan para kaum milenial, " pungkasnya. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut