get app
inews
Aa Read Next : Video Legislator Road Show Imbau Pimpinan Daerah Gencar Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Tolak Kebijakan JHT, Buruh di Brebes Ancam Turun ke Jalan

Selasa, 22 Februari 2022 | 12:34 WIB
header img
Menolak terhadap kebijakan Jaminan Hari Tua (JHT) yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id -  Menolak terhadap kebijakan Jaminan Hari Tua (JHT) yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja, perwakilan dari aliansi buruh di Kabupaten Brebes yang tergabung dalam berbagai aliansi buruh geruduk Kantor Dinperinaker Kabupaten Brebes.

Penolakan buruh itu disampaikan saat mereka melakukan audiensi dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes yang diterima langsung oleh Kepala Dinperinaker Warsito Eko Putro.

Puluhan perwakilan buruh di Kabupaten Brebes hadir dalam audiensi tersebut. Mereka bahkan mengancam akan turun ke jalan jika Pemkab Brebes tidak mendukung penolakan itu.  Mereka juga mendesak segera direvisi.

Kepala Dinperinaker Warsito Eko Putro mengatakan, kedatangan perwakilan para buruh di wilayahnya itu, untuk menyampaikan aspirasi terkait kebijakan JHT. Sebab, mereka menilai kebijakan JHT itu tidak berpihak kepada buruh. Padahal terkait semua itu ada urutan regulasinya. Yakni, Undang-Undang nomor 20 tahun 2004 terkait Jaminan Sosial.

Kemudian, Permenaker nomo 2 tahun 2022 tentang Jaminan Hari Tua(JHT) dan Permenaker nomor 15 tahun 2021 tentang Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

"Intinya, para buruh yang beraudiensi hari ini menolak JHT ini, karena tidak berpihak pada buruh," Ujarnya saat dikonfirmasi. Selasa, (22/02/2022).

Menurut dia, para buruh juga berharap Pemkab Brebes untuk mengusulkan kepada kementerian atas penolakan tersebut. Namun sesuai kedudukannya, Pemkab Brebes hanya sebatas sebagai mediator atau memfasilitasi terhadap persoalan tersebut. Kebijakan itu bukan menjadi ranah Pemkab Brebes, tetapi pemerintah pusat.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut