get app
inews
Aa Read Next : 7 Negara Paling Dibenci di Dunia, ini Penyebabnya

Hendak Serang Fasilitas Nuklir Fordow, Otoritas Iran Tangkap Sekelompok Orang terkait Israel

Selasa, 15 Maret 2022 | 12:31 WIB
header img
Pasukan Garda Revolusi Iran dalam parade militer (ilustrasi) (Foto: Reuters)

TEHERAN, iNews.id – Pihak berwenang Iran menangkap sekelompok orang yang terkait dengan Israel. Orang-orang itu disebut memiliki rencana untuk menyerang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fordow, akhir bulan ini.  TV Pemerintah Iran pada Senin (14/3/2022) melaporkan, kelompok itu telah merencanakan untuk menargetkan situs nuklir bawah tanah tersebut menjelang Tahun Baru Iran—yang dimulai pada 20 Maret. Penangkapan para tersangka dilakukan oleh unit intelijen Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC). 

“Seorang oknum pegawai di PLTN Fordow telah disuap dengan uang tunai dan laptop untuk melakukan tindakan sabotase di lokasi. Namun, dia ditangkap sebelum dapat menjalankan misinya,” demikian laporan kantor berita semiresmi Mehr, seperti dikutip kembali Alarabiyah, Selasa (15/3/2022). 

Menjadi salah satu fasilitas nuklir utama di Iran, PLTN Fordow dibangun di bawah tanah, jauh di dalam gunung untuk melindunginya dari potensi serangan udara. Pembangkit listrik itu terletak sekitar 120 km sebelah barat daya ibu kota Iran, Teheran. 

Iran sebelumnya beberapa kali menuduh Israel menargetkan situs-situs nuklirnya. Teheran juga menuding negara Yahudi itu hendak menghabisi nyawa para ilmuwan nuklirnya. Semua tuduhan itu sama sekali tidak dibantah ataupun dikonfirmasi oleh Israel. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut