get app
inews
Aa Read Next : Ini Daftar Gubernur Jawa Tengah dari Masa ke Masa

Waspadai Perubahan Iklim, Kota dan Kabupaten Terancam Terpisah

Rabu, 01 Juni 2022 | 20:14 WIB
header img
ILUSTRASI (FOTO/Sindonews)

 

  • Kalimantan Terdapat banyak wilayah di Kalimantan yang diprediksi akan tenggelam, di antaranya Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kota Baru yang terletak di Kalimantan Selatan. Di Kalimantan Tengah ada Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kota Waringin Barat, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pisau, dan Kabupaten Kapuas. Sementara di Kalimantan Barat, sejumlah kota/kabupaten yang terancam tenggelam adalah Kabupaten Bengkayang, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Kayong Utara, dan Kabupaten Ketapang.
  • Meningkatnya tinggi muka air laut menyebabkan perubahan pada Pulau Bali pada tahun 2050 mendatang. Bali diprediksi akan kehilangan 490 kilometer dari total luas wilayahnya. Hal tersebut juga akan membuat Bali terpisah menjadi dua bagian yang berbeda.
  • Sulawesi Wilayah yang diprediksi akan tenggelam di Sulawesi meliputi beberapa kota di Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju tengah, dan Kabupaten Mamuju. Di Sulawesi Tengah, terdapat Kabupaten Donggala yang diprediksi akan tenggelam. Selain itu, Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo juga termasuk ke dalam daftar kota/kabupaten yang terancam tenggelam.
  • Papua Terdapat 4 kabupaten yang diprediksi akan tenggelam di wilayah Papua, yakni Kabupaten Mimika, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mapi, dan Kabupaten Merauke. Selain itu daerah Papua Barat juga termasuk ke dalam provinsi yang diprediksi akan tenggelam. Kabupaten di Papua Barat yang diperkirakan tenggelam yakni Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Kaimana. 
  • Editor : Miftahudin

    Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
    Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut