5 Tips Lindungi Diri Agar Tidak Jadi Korban Pelecehan Seksual di Kereta Api

Tim iNews.id
Tips menghindari terjaninya pelecehan seksual di kendaraan umum. (Foto: Dok.iNews.id)

3. Gunakan Fasilitas Khusus Wanita

Untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual, Anda bisa memanfaatkan fasilitas khusus wanita seperti gerbong wanita di KRL. Apabila transportasi yang Anda gunakan tidak menyediakan ruang khusus wanita, Anda bisa memilih untuk duduk di depan atau di dekat supir dan pintu keluar.

4. Kuasai Ilmu Bela Diri

Sebagai salah satu bentuk perlindungan diri, wanita juga perlu mempelajari ilmu bela diri. Hal ini bisa menyelamatkan Anda apabila sedang berada di kondisi genting. Pengetahuan ilmu bela diri juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda sehingga Anda tidak segan untuk melawan balik jika diperlakukan tidak sepatutnya.

5. Bersikap Tegas

Saat Anda sudah merasa di dalam posisi tidak aman, Anda bisa langsung berpindah tempat duduk atau pamit. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para korban pelecehan seksual di kendaraan umum adalah bersikap diam. Jika pelaku telah sempat melakukan aksinya, Anda harus memelototi, dan menunjukkan ancaman secara tegas kepada mereka. Jika masih nekat, Anda dapat berteriak dan memberitahu orang-orang sekitar sehingga si pelaku menghentikan aksinya atau bahkan diamankan oleh pihak yang berwenang.

Editor : Miftahudin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network