get app
inews
Aa Read Next : Walkot Tegal Minta Diskresi Perizinan Kapal, Atasi Penumpukkan Kapal

Kebakaran Kapal di Pelabuhan Tegal belum Berhasil Dipadamkan

Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:35 WIB
header img
Kebakaran di Pelabuhan Tegal yang menghangukan belasan kapal nelayan hingga kini belum sepenuhnya berhasil dipadamkan (Foto;Ist)

Rahmad menyayangkan karena banyak pemilik kapal yang tidak menyetandby kan ABK nya untuk berjaga saat kapal bersandar sehingga kurang sigap dalam melakukan tindakan ketika terjadi kebakaran. Hal inilah yang menyulitkan kapal bergeser karena kosong tidak ada yang jaga, hingga akhirnya api cepat menjalar dari satu kapal ke kapal lain. Meski tidak memakan korban jiwa, namun personil Polres Tegal Kota bersama stake holder terkait masih terus berupaya untuk memadamkan api dan memprioritaskan keselamatan seluruh awak kapal,"terangnya.

Sementara itu H. Tambari Gustam selaku tokoh masyarakat pesisir yang saat itu berada di lokasi kebakaran kapal mengatakan, bahwa musibah kebakaran kapal di Kota Tegal sudah kesekian kalinya. Banyaknya kapal yang tidak melaut dan berlabuh saat sekarang ini merupakan buntut dari proses perizinan peralihan alat tangkap.

Menurut Tambari, meski belum tahu secara pasti penyebabnya, namun hal ini harus menjadi perhatian bersama. Termasuk berkaitan dengan proses perizinan, agar Pemerintah Pusat juga memberikan toleransi. Agar mereka yang masih di laut biar tetap mencari ikan, jangan disuruh pulang yang berdampak pada menumpuknya kapal di pelabuhan. 

Kemudian berkaitan dengan kerugian dari kebakaran kapal tersebut, menurut Tambari sangatlah besar, namun kita belum bisa menyebutkan karena proses pemadaman api juga belum selesai sehingga belum dapat kita taksirkan, "pungkas Tambari. 
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut