get app
inews
Aa Read Next : 6 Santri di Banyuwangi Diperkosa Pengurus Pesantren, 8 Saksi Sudah Diperiksa

Tidak Miliki NSP, Kemenag Sebut Pesantren Khalifatul Muslimin Ilegal

Jum'at, 17 Juni 2022 | 11:46 WIB
header img
Khalifatul Muslimin yang memiliki beberapa lembaga pendidikan termasuk Pesantren yang tersebar di beberapa daerah dipastikan Ilegal atau tidak terdaftar secara resmi di Kementerian Agama. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Khalifatul Muslimin yang memiliki beberapa lembaga pendidikan termasuk Pesantren yang tersebar di beberapa daerah dipastikan Ilegal atau tidak terdaftar secara resmi di Kementerian Agama.

“Pesantren Khilafatul Muslimin tidak terdaftar di Kemenag dan tidak memiliki Nomor Statistik Pesantren atau Lembaga Keagamaan Islam,” kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, dikutip dari keterangannya, Jumat (17/6/2022).

Menurut Waryono, sampai saat ini tidak ada pengajuan izin operasional pesantren-pesantren tersebut, baik di tingkat Kankemenag Kabupaten/Kota, Kanwil Kemenag Provinsi, maupun pusat.

“Pesantren yang terdaftar di Kemenag telah melewati serangkaian verifikasi yang ketat, mulai dari Kemenag Kab/Kota, Kanwil Provinsi hingga Pusat. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 30 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren,” ujar Waryono.

“Pesantren juga harus memenuhi Arkanul Ma’had dan Ruuhul Ma’had sebagaimana diatur dalam PMA 30 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren,” lanjutnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut