get app
inews
Aa Read Next : Demi Menikah dengan Murid Perempuannya Guru Ini Rela Oprasi Ganti Kelamin

5 Negara yang Paling Banyak King Kobra Selain Indonesia, dari India hingga Nepal

Kamis, 05 Januari 2023 | 09:25 WIB
header img
Lima negara yang paling banyak King Kobra selin Indonesia, dari India hingga Nepal. Foto: Istimewa.

3. China

Berbeda dengan di Thailand, meskipun China adalah salah satu habitat dari King Kobra, namun populasinya semakin menurun. Hal tersebut diduga akibat eksploitasi dan perdagangan ular yang digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat China.

2. Thailand

Thailand punya Desa King Kobra yang terletak di Ban Khok Sa-nga, Kecamatan Sai Mun, Kabupaten Nam Phong.

Mengutip dari Tourism Thailand, pada tahun 1951 seorang dokter bernama Ken Yongla memperkenalkan pertunjukan Cobra ke Ban Khok Sa-nga yang menarik banyak orang ke desa.

Namun, mengingat kobra dapat menyemburkan racunnya sejauh dua meter, Ken kemudian memutuskan untuk menggunakan King Kobra untuk pertunjukan kepada penduduk desa.

Di desa ini, pertunjukan diadakan di Wat Si Thamma dan ada juga pameran sejarah King Kobra dan pembibitannya yang terletak tak jauh dari tempat tersebut. Bahkan hampir setiap rumah di desa tersebut memiliki ular king kobra.

King Kobra di Thailand sendiri masih terjaga populasinya di habitat mereka dan jarang ditemukan di luar habitatnya.

1. India

India adalah habitat king kobra. Ular ini bahkan jadi reptil nasional Negeri Bollywood. Salah satu tempat paling banyak king kobra di India adalah Hutan Hujan Agumbe, Shimoga, Karnataka.

Mengutip dari alk Through India, Hutan Agumbe adalah surga bagi King Kobra di India. Hutan Hujan ini kadang-kadang disebut The Cherrapunji dari India Selatan, terletak di wilayah pegunungan Ghat Barat.

Selain Hutan Hujan Agumbe, ada banyak kobra yang ditemukan di Taman Nasional Periyar – Kerala, Taman Nasional Sundarbans – Benggala Barat, Taman Nasional Kaziranga – Assam, Suaka Margasatwa Srivilliputhur – Tamil Nadu, dan beberapa tempat lainnya.

Nah, itulah negara yang paling banyak King Kobra selin Indonesia, dari India hingga Nepal. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut